BILA TAK MAU PUSING PAKAI SAJA RISHA

Membangun rumah sederhana ternyata tidak sesederhana namanya, bila bangunan yang kita bangun ingin tahan terhadap gempa, ujar Jhonny Rakhman peneliti bidang struktur dan konstruksi di Puslitbangkim, banyak kaidah-kaidah yang harus dipatuhi dalam pembangunan rumah, untuk itu bila tidak mau repot pakai saja teknologi Risha hasil temuan Puslitbangkim, demikian ungkapnya disela-sela kesibukan pengujian struktur di laboratorium. Ya teknologi memang diciptakan untuk memudahkan manusia hidup.

 Risha adalah kepanjangan dari Rumah Instan Sederhana Sehat, yaitu suatu teknologi konstruksi baru yang dipatenkan oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Permukiman, Departemen Pekerjaan Umum. Risha merupakan teknologi cepat bangun yang bersifat bongkar pasang (knock down), proses pembangunannya sederhana dan sangat cepat, untuk tipe 36 m2 anda hanya perlu 2 hari untuk mendirikannya, dan bila sudah bosan dengan disain bangunannya, kelak dapat diubah tanpa harus menggati komponen-komponenya.

Teknologi ini selain menawarkan kecepatan dalam proses pembangunannya, juga mampu menyerap tenaga kerja dan membuka lapangan pekerjaan disektor industri komponen bahan bangunan, terbukti di Aceh pasca Tsunami, saat ini sudah 16 industri dan menyerap lebih dari 7000 tenaga kerja lokal sudah mengerjakan Risha. Teknologi tepat guna yang digali dari konsep LEGO oleh Arief Sabaruddin, telah diuji terhadap ketahanan gempa di Laboratorium Struktur dan Konstruksi Puslitbangkim. “Waktu gempa di Aceh setahun setelah tsunami rumah tidak rusak. Padahal, skala gempa mendekati enam,” ungkapnya. Seluruh bagian rumah diproduksi secara presisi di work shop sebelum dipasang (prefabrication). Karena itu pemasangan bisa cepat, rapi, dan murah (tanpa pembengkakan biaya dan material sisa).

Pemasangan dengan sistem knock down diikat dengan mur-baut. Pemasangan tidak butuh tenaga ahli. Dengan buku manual tukang biasa pun bisa melakukannya. Rumah memakai tiga komponen panel beton sebagai elemen struktur. Dengan tiga komponen tersebut dapat membetuk struktur mulai dari pondasi, sloof, kolom, balok, dan kuda-kuda, bahkan panel struktur itu dapat berfungsi sebagai tiang pagar, drainase, carport, dan tangga (optional). “Bila ada panel yang rusak bagian yang rusak bisa diganti secara parsial seperti suku cadang mobil,” ujarnya.

Sementara dinding pengisi, penutup lantai dan atap, pintu dan jendela disesuaikan dengan permintaan. Peminat tinggal membawa desain rumah atau bisa juga minta didesainkan. Lahan yang hendak dibangun dalam kondisi matang dengan luas minimal 60 m2. Melalui komponen-komponennya, modul ruang yang dapat dibentuk adalah 1.80 x 180; 1.80 x 3.00; 3.00 x 3.00; untuk bangunan dua lantai dan 3.00 x 4.20 untuk bangunan satu lantai, tidak ada batasan luas bangunan, pengembangan luas bangunan berdasarkan kelipatan 9 m2. Bentuk rumah bisa satu lantai, dua lantai, split level, atau rumah panggung. Meskipun teknologinya sederhana, rumah ini layak untuk kalangan menengah. Tinggal menyesuaikan bahan dan finishing-nya. Gaya arsitekturnya bisa apa saja, termasuk gaya tradisional atau minimalis yang sedang digandrungi. “Risha dicetuskan untuk percepatan penyediaan perumahan berkaitan dengan Gerakan Nasional Pengembangan Satu Juta Rumah,” katanya.

37 Tanggapan to “BILA TAK MAU PUSING PAKAI SAJA RISHA”

  1. jodi singgih Berkata

    asss.wr.wb
    .pak arif saya pingin bangun risha,cuma saya perlu mal utk panelnya
    dimana kira2 saya dapat beli yg sdh jadi masing2 satu
    terima kasih banyak sebelumnya
    wsslm

  2. jodi singgih Berkata

    Asss.wr.wb.
    pak dimana saya bisa beli mal panel utk risha
    mohon informasinya dan saya tinggal di medan
    terima kasih banyak pak
    wsslm

  3. gimana cara mendapatkan produk risha dan berapa harganya

  4. kharunia widya k Berkata

    ass wr wb

    misal kami berminat untuk mengembangkan kerja sama, untuk RISHA ini kira kira apa yang harus kami lakukan ya pak? mohon balasanya. terima kasih.

  5. Wlkm Salam,

    untuk pengembangan sangat memungkinkan dilakukan oleh siapa-pun, agar mudah pengendaliaan, maka sdr. dapat mengajukan MoU tidak dipungut biaya untuk mendapatkan licensi produksi. bila mengingikan memproduksi panel-panel-nya. bila hanya sebagai pengguna bisa menghubungi aplikator yang suad berlisensi.

    terima kasih
    wasalam.
    Arief

  6. kharunia widya k Berkata

    ok pak terima kasih atas perhatianya ! untuk hal tersebut kami harus menghubungi siapa? mohon saranya pak ! bisa juga lewat email kami di onimenggo@yahoo.co.id. alhamdulillah terima kasih ! semoga ilmu bapak dinilai sebagai ibadah yang besar disisi Tuhan! wassalam!

  7. Martinus Sugi Berkata

    pak arif, saya pengin bangun risha. saya tinggal di bontang kaltim, gimana bisa membeli panel terdekat. trims

  8. Untuk komentar terntang RISHA semua sudah saya tanggapi melalui email masing-masing, karena menyangkut privacy seseorang dari produsen RISHA yang saya rekomendasikan. Beliau namanya Pak Purwoko, salah seorang penggerak UKM lingkup bahan bangunan, yang saat ini masih aktif memproduksi RISHA, di seputar DKI, Jabar, Banten, dan wilayah lain.

  9. SOLIKHIN Berkata

    Assalaamu alaikum Pak Arief….

    Boleh tau alamat dan contact person untuk aplikator yang sudah berlisensi di daerah Jabodetabek agar saya bisa membangun RISHA?
    Mintta tulung banget Pak…

    Wassalaamu alaikum….

    Solikhin

  10. SOLIKHIN Berkata

    Assalaamu ‘alaikum Pak Arief,

    Kalo mo ngebangun seperti rumah contoh pada sampul buku “Membangun Rumah Instan Sederhana Sehat “RISHA”, penerbit Griya Kreasi – Penebar Swadaya”, kira2 berapa biayanya yach?
    Boleh minta informasi tentang Pak Purwoko yang salah seorang penggerak UKM lingkup bahan bangunan, yang saat ini masih aktif memproduksi RISHA, di seputar DKI, Jabar, Banten, dan wilayah lain ke alamat e-mail saya (solikhin@id.loreal.com)?

    Wassalaamu ‘alaikum…..

  11. Waalaikumsalam, Pak Solikhin,
    sesuai dengan info dar bapak, maka informasi tentang Pak Purwoko dapat dilihat di Blog-nya beliau; yaitu; http://risha-puskim.blogspot.com sisanya saya akan kirim via email Bapak. Terima Kasih

    Wasal,
    Arief

  12. baridah Berkata

    pak arif, kenalkan saya baridah, desain interior ITB 2006
    saya dapat rekomendasi dari Donny Mulya prijatna (arsi unpar 2000) untuk tanya2 ke pak arif mengenai TA saya tentang rumah susun kelas menengah yang nyaman dan ramah lingkungan.
    pak arif bersedia tidak? jika iya, selanjutnya saya akan datang ke unpar menemui bapak
    terimakasih atas perhatiannya.
    baridah

  13. OK, prinsipnya, saya akan selalu bersedia sharing informasi dengan siapapun, namun tidak bisa ketemuan di Unpar, karena saya hanya dosen luar biasa, dan bulan-bulan ini unpar memasuki UAS, saya libur, bila ingin ketemuan bisa di Kantor saya di Puslitbang Permukiman, Jalan Panyaungan Cileunyi Wetan Kab-Bandung.

    Saya, ada baiknya kontak saya dulu melalui HP (nomor saya kirim lewat email)

    Wasalam
    Arief Sabaruddin

  14. hermanto Berkata

    pak arief,saya minat bangun rumah risha dipuncak cipanas,siapa yg bisa saya hub? mohon gambar type22 email saya tjan_hermanto@yahoo.com atau fb. terimakasih hp.081288852225

  15. Siang pak Arief,saya rencana membangun RSH tipe 36 dengan biaya
    Semurah2 nya, sister risha untuk tipe 36 diambon +/- 350 bh rumah tahap I,
    Terima komplit terpasang diambon berapa yah ?
    Desain minimalis untuk tampak depan model terbaru,semuanya sama,
    Lebih murah mana Kirim langsung atau fabrikasi diambon?
    Terima kasih atas infonya

  16. pak arief,saya minat bangun rumah risha dijawa tengah pati,siapa yg bisa saya hub? mohon gambar type22 email saya ok11n_8989@yahoo.co.id atau fb. terimakasih. mohon untuk ditanggapi

  17. saya minat bangun rumah risha dijawa tengah pati,siapa yg bisa saya hub? mohon gambar type22 email saya ok11n_8989@yahoo.co.id atau fb. terimakasih. mohon untuk ditanggapi

  18. Yth. Mas Nico, alamat aplikator sudah saya sampaikan melalui email mas Nico, terima kasih atas perhatiaannya, semoga dapat bermanfaat

  19. Sekaligus untuk Mas Izak, saya informasi harga dapat di buka juga di weblog http://risha-puskim.blogspot.com, dihalaman muka web ini. di dalam weblog terswebut sudah tersedia daftar harga RISHA. untuk lebih detail saya akan berikan alamat aplikatornya, wasalam

  20. Boyong Berkata

    Pak Arief, saya domisili di Surabaya. Kalau sy berminat untuk menjadi aplikator RISHA , berapa biaya yg harus saya keluarkan , baik untuk pelatihan sertifikasi maupun proses sertifikasinya. Dan apa saja persyaratan2 nya. Terima kasih

  21. yunn lee Berkata

    saya berminat dengan konsep risha, bagaimana caranya untuk mendapatkan info lebih lengkap mengenai risha? tlg infonya melalui email xphone_shop@yahoo.com atau tlp 081347888887, trims

  22. Julius Berkata

    Yth Pak Arief,

    saya berminat utk membangun RST type 36, di Manado dan sekitarnya, mohon informasi yg lengkap utk harga unit sampai dengan pasang di tempat (utk 100 unit) , apakah sudah ada aplikatornya di Manado? tks sebelumnya

  23. karya pak arif sangat membantu inspirasi pengembang dalam membangun rumah risha yang berwawasan lingkungan dan terjangkau oleh masyarakat bawah, sehingga kebutuhan akan rumah sekian juta bisa terpenuhi.

  24. Yth. Pak Arif, Assalaamualaikum…

    Makasih sekali info Bapak. Sy sangaaat tertarik dan langsung menerapkan risha untuk membangun rumah saya bulan depan. Kalau cocok, sangat mungkin saya akan mengembangkan UKM untuk memproduksi di Jogja.

    Untuk itu, kalau tidak keberatan, saya mohon info syarat untuk mengajukan sebagai aplikator bisa saya dapatkan di mana ya? Terimakasih banget…

    Salam hangat dan sukses selalu..

  25. Ivon Nasrul Bp. Berkata

    Assalamualaikum Pak Arief
    saya minat bangun rumah risha di surabaya siapa yg bisa saya hub? email saya ivon11x3@yahoo.co.id . terimakasih. mohon untuk ditanggapi

  26. Anonymous Berkata

    Pak Arief Yth,

    Kami Mohon dibantu address Aplikator RISHA untuk Jakarta Tangerang, Terimakasih.

    Wass

    Asikin

  27. terima kasih pak arief.

    saya mau tanya nih, konsep rumah 2 lantainya serta mungkin gambarnya, karena kontur tanahnya agak miring, serta harganya berapaan sih pak. matur nuwun – terima kasih.

  28. Assalamu’alaikum Wr.Wb.
    Pak Arief Yth,
    Apa bisa bantu saya untuk merealisasikan RISHA tipe 70 di Cirebon ?, tks.

  29. assala mu`alaikum Pak Arif
    Saya berniat membangun rumah risya di muara tebo Jambi, berapa biaya rumah untuk ukuran 99 m2 dengan 3 kamar tidur, 2 kamar mandi dan masing 1 ruang tamu, ruang makan dan ruang keluarga. siapa yang bisa saya hubungi, tolong email saya. terima kasih banyak atas pertolongannya

  30. assalamu’alaikum wr.wb,
    Pak Arif yth,
    saya minat sekali pakai risha, kalau bisa saya minta alamat dan no telp yang bisa saya hubungi, email saya febiantif@yahoo.com
    makasih banyak sebelumnya pak
    wassalam

  31. Stephen D. W. Berkata

    Pak Arief,

    Saya tertarik dengan RISHA ini, bagaimana saya bisa membeli atau konsultasi bangunannya kalau saya tinggal di Denpasar. Saya sudah kontak Loka Teknologi Permukiman Denpasar, tapi sampai sekarang belum ada jawaban yang memuaskan.
    Rencana saya adalah membangun RISHA panggung 2 tinggkat.

    Bisakah Bapak memberikan pencerahan.

    Atas perhatian dan jawaban Bapak saya mengucapkan banyak terima kasih.

    Hormat saya,

  32. Joko Iswanto Berkata

    Salam’alaikum wr.wb
    Pak Arief Yth
    Saya mau tanya berapa kira-kira biaya untuk dua lantai untuk contoh pada gambar.Berapa luas tanah yang dibutuhkan untuk membangunnya.Apakah ada aplikator di sekitar solo (Surakarta).Mohon bantuannya dan saya ucapkan banyak terima kasih.

    Wa salam’alaikum

  33. suardana, i putu ngurah Berkata

    P Arief yth,
    bisa diemail aplikator yang ada di bali, jika belum saya mau bikin UKM di Bali, kelihatannya ini bagus untuk program bedah rumah , salah satu program di bali, tolong bisa kirim info detailnya,
    makasi

  34. aryanto Berkata

    salam kenal pak ,
    saya sangat membutuhkan alamat aplikator risha di daerah semarang dan sekitarnya apakah ada pak ?
    bisa email saya di medianetku@gmail.com

  35. christiyono Berkata

    Selamat sore pak Arief, saya Christiyono di bekasi, boleh di email informasi kontak aplikator RISHA yang ada di daerah bekasi (cikarang)? dan kalau boleh di email juga nomor kontak pak Arief kalau ingin ketemu di Bandung?
    Thx

  36. Pak Arif,
    ini Arlin yang pernah bantu di kegiatan Eco-settlements Fani (Puskim), saya mau tanya kontaknya produsen Risha pak, terutama utk daerah Tangerang Selatan, menghubunginya kemana ya?
    Email saya arlina.ars98@gmail.com
    Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

